The Social Network !

By : Alfian Alghifari

Sebuah film yang menceritakan tentang kehidupan seorang mark beserta kawannya kawan seperjuangannya untuk menciptakan sebuah karya. Mark adalah seorang mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan di Harvard University ,mengambil jurusan informasi teknologi.

Film ini di mulai dari pertengkaran mulut dengan seorang wanita yang ia cintai di salah satu club dimana ia berkuliah , anggap saja namanya Ruszah (nama palsu) . Dalam obrolan mereka, si Ruszah menjelaskan bahwa ia tidak lagi mencintai mark karena sifatnya yang membosankan dan ia adalah anak Kutu Buku. Mark tak terima dengan mencoba menjelaskan dan memikat hati si Roszah. Tetapi Roszah sudah mengambil kesimpulan bahwa ia tak ingin bersama lagi. "kita putus" !

Mendengar perkataan itu, Mark seketika frustasi lalu kembali ke ruangan yang menjadi markas untuk mengerjakan karya cipta yang ia cita citakan. Saat itu ia dalam keadaan tertekan. Namun tekanan yang ia terima tidak berujung kepada nangis nangis yang biasa orang indo lakukan. Yang mark lakukan saat itu adalah menuliskan apa yang ia rasakan dalam blog pribadinya. Mulai dari kebaikan si Roszah hingga keburukannya .

Disamping itu, ia juga melakukan pengembangan terhadap karya yang rencana ia ciptakan . Malam itu, semangat si mark benar benar meluap, hingga tak sadar, saat di pagi hari, karya ciptanya mendekati kesempurnaan.

Ini tidak lepas dari bantuan seorang teman yang bernama colossus (nama palsu). Berkat kemampuannya yang menguasai rumus teknologi dan mempunyai cukup dana untuk di pakai dalam pengembangan karya cipta ini.
Mark dan Colossus akhirnya sepakat untuk bekerjasama. !

Untuk merayakan kesempurnaan dari karya ini, ia di ajak oleh salah satu teman ke club malam. Tiba di club, Mark bukannya menikmati ,tapi bengong memikirkan karya ciptanya. Saat bengong, ia kembali mendapatkan ide dan memutuskan untuk kembali ke kosnya yang juga merupakan tempat dimana ia mengembangkan karya ciptanya.

Malam Itu, ia menghibahkan waktunya di depan komputer. Bermain dengan bahasa pemprograman selama 4 jam tanpa henti. Dan saat pagi hari ,karya yang menjadi goals saat itu akhirnya terwujud.

Kebahagiaan mark beserta kawan kawannya tetlihat jelas. Namun mark memilih untuk tidak terlalu berlarut dalam kebahagiaan ini. Ia lebih memilih untuk mengembangkan karya ciptanya tesebut.

Seketika ia pun tenar di kampusnya, dosen maupun mahasiswa berbondong bondong ingin akrab dengan mark. Ingin sharing seputar karya yang telah ia ciptakan. Inging mengetahui motivasi dari si mark, dll.

Inilah kisah dari seorang mark, orang sederhana yang memiliki motto hidup "Uang Bukanlah Segalanya " ,seorang mahasiswa yang berhasil menciptakan sebuah karya yang memudahkan manusia untuk bisa saling mengenal satu sama lain.

Karyanya ini Mark beri nama FACEBOOK !

Facebook, Karya dari seorang Mark Zuckerberg !

Sebelumnya, mark juga menciptakan sebuah aplikasi bernama Mp3. Aplikasi yang digunakan untuk mendengarkan Audio.
Simak dialog dalam film berikut :
Bokmat : Selain Facebook, apa lagi yang telah kau ciptakan?
Mark : Mp3,semacam aplikasi yang memudahkanmu untuk mendengar audio yang kau sukai.
Bokmat : Its amazing, siapa yang tertarik membelinya?
Mark : Microsoft !
Bokmat : Wow,njir perusahaan terbesar. Kau jual berapa??
Mark : Tidak kujual !
Bokmat : kenapa?
Mark : KU UNGGAH GRATIS !
Bokmat : Kau gila? Kau bisa jadi kaya loh.
Mark : (Terdiam dan geleng geleng kepala)

Pelajaran apa yang dapat kita ambil dari seorang Mark Zuckerberg???

Posting Komentar

0 Komentar

Pemberi Nasehat Yang Lupa Menasehati Dirinya Sendiri! | As-Saff | Paradoks Salomo| Psikologi.